Perbedaan Iphone Ibox Dan Inter, Ini Perbandingannya
Tutorial

Perbedaan iPhone iBox dan Inter, Benarkah Sulit Klaim Garansi di Indonesia?

Perbedaan iPhone iBox dan inter tidak sebatas harganya saja yang berbeda jauh. Perhatikan pula garansi yang diberikan, iPhone inter nyatanya tidak menyediakan klaim garansi di Indonesia.

iPhone merupakan salah satu tipe HP prestisius yang memang memiliki harga tinggi. Tak heran jika banyak yang mencari versi lawasnya, terutama di toko online. Jika berniat membeli produk Apple yang satu ini, ada baiknya memahami perbedaan iPhone iBox dan inter terlebih dahulu.

Pada dasarnya, memilih iPhone yang tepat bukan perkara mudah. Terlebih bagi yang pertama kali menggunakannya, mungkin akan sedikit bingung dimana tempat membeli yang aman. Hal ini penting dipahami agar nantinya iPhone yang dibeli benar-benar asli.

Perbedaan iPhone iBox dan Inter

Di marketplace, ada banyak iPhone yang dijual jauh di bawah harga resminya. Tak jarang produknya diberi gimmick berupa “ex inter”. Sebenarnya, apa yang bedanya iPhone inter dan versi iBox? Simak ulasan perbedaannya di bawah ini.

1. Legalitas

beda legalitas iPhone Inter dengan iBox
beda legalitas iPhone Inter dengan iBox

Beberapa waktu lalu, sempat heboh salah satu distributor iPhone yang diduga menjual barang ilegal. Pada dasarnya, bisa jadi sebagian barang yang dijualnya berupa iPhone inter. Ponsel tersebut pada dasarnya berasal dari luar negeri, terutama negara maju.

Mengingat peminat iPhone yang sangat tinggi di Indonesia, maka tak heran pihak penjual di luar negeri menjualnya di tanah air. Misalnya iPhone inter bekas pengguna di AS, Korea, dan Jepang. Legalitasnya pun seringkali diragukan karena sering dicurigai barang black market.

Sementara itu, iPhone iBox tentu memiliki legalitas yang jelas dan sudah teregulasi. Mengingat iBox sendiri merupakan distributor resmi produk Apple di tanah air.

2. Jenis Provider yang Digunakan

iPhone inter harus dilakukan factory unlock untuk memakai provider dalam negeri
iPhone inter harus dilakukan factory unlock untuk memakai provider dalam negeri

Perbedaan iPhone iBox dan inter berikutnya bisa terlihat dari provider yang digunakan. Biasanya iPhone second dari mancanegara tersebut hanya bisa menggunakan provider tertentu saja. Bahkan tak jarang tidak bisa menggunakan provider lokal.

Lihat juga: Cara Pakai Sound of text WA di iPhone

Hal ini karena di luar negeri biasanya menerapkan sistem kontrak pada iPhone. Jadi, iPhone dijual dengan harga lebih rendah jika menggunakan provider tertentu. Jika sudah berakhir masa kontrak, pengguna harus mengembalikan perangkatnya ke pihak provider.

Setelah dikembalikan, iPhone masih dalam kondisi locked provider. Jika dijual ke Indonesia dalam kondisi demikian, maka iPhone tersebut tidak bisa menggunakan provider Indonesia. Kecuali jika pihak penjual melakukan FU (Factory Unlock).

Sementara itu, jika membeli iPhone dari iBox, pembeli bebas menggunakan provider apa saja dari Indonesia.

3. Spesifikasi dan Keaslian Produk

spek bawaan dijamin asli untuk iPhone iBox
spek bawaan dijamin asli untuk iPhone iBox

iPhone ex inter bisa biasanya dijual secara online di marketplace. Mengingat kondisinya yang bekas pakai, maka sebenarnya iPhone tersebut memang asli produk Apple. Hanya saja, kualitasnya tidak semuanya bagus karena bisa jadi sparepart sudah diganti.

Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan seputar minus produk jika hendak membeli iPhone ex inter. Sedangkan membeli iPhone di iBox tentunya keasliannya 100% dan kualitasnya terjamin. Jadi, tidak perlu khawatir iPhone terdapat banyak minus atau sparepartnya tidak original.

4. Jenis Garansi

masa garansi berbatas waktu dan area
masa garansi berbatas waktu dan area

Perbedaan iPhone iBox dan inter yang begitu terasa adalah jenis garansinya. Tak jarang penjual iPhone inter secara online menuliskan keterangan “garansi internasional”. Padahal, garansi tersebut artinya tidak bisa diklaim di Indonesia.

Garansi lain yang diberikan biasanya berupa garansi dari toko atau distributor, itu pun sekitar 1-2 bulan saja. Sementara itu, garansi yang diberikan iBox bersifat resmi dan bisa diklaim di store resmi Apple di Indonesia.

5. Harga

perbedaan harga iphone iBox dan Inter
perbedaan harga iphone iBox dan Inter

Perlu diketahui bahwa bagi masyarakat Indonesia, iPhone dianggap smartphone dengan harga tinggi dan prestisius. Tak heran jika harganya di iBox kerap kali membuat geleng-geleng kepala bagi sebagian orang.

Biasanya iPhone iBox dijual di atas Rp10 juta. Bahkan untuk seri terbaru dan memori besar, harganya bisa di atas Rp15 juta. Sedangkan iPhone ex inter jauh lebih murah, namun biasanya tersedia versi lawas. Misalnya iPhone 5, 5s, 6 Plus, 7 Plus, dan sebagainya.

Dengan memahami perbedaan iPhone iBox dan inter dari Teknotuf.com diatas, hal ini bisa menjadi acuan sebelum membeli produk Apple tersebut. Jika menginginkan kualitas dan garansi terbaik, tentu iPhone iBox lebih disarankan meski harganya jauh lebih mahal.

Posted by
MSI Editor

Menyukai dunia teknologi. Mempelajari hal baru lewat menulis dan membagikan informasi yang berguna untuk pembaca. Happy reading!

×