Daftar Search Engine Populer Selain Google Yang Perlu Kamu Coba
Tutorial

Daftar Search Engine Populer Selain Google yang Perlu Kamu Coba!

Selama ini banyak orang yang hanya mengenal Google sebagai search engine. Padahal selain Google ada beberapa mesin pencari yang pernah populer dan penggunanya juga cukup banyak. 

Ada beberapa daftar search engine populer selain Google ini umumnya digunakan untuk meningkatkan privasi. Hal ini dilakukan karena Google umumnya melacak data pengguna. 

Proses pelacakan ini tidak hanya kalangan individu tetapi data perusahaan di berbagai negara. Lantas apa saja mesin pencari yang pernah populer di zaman dahulu? Yuk simak ulasan berikut

Lihat juga: Cara Membuat Suara Google Translate tanpa Aplikasi

Daftar Search Engine Populer Selain Google

Bagi kamu yang masih penasaran dengan mesin pencari di zaman dahulu dan pernah populer, berikut daftar lengkapnya:

1. Bing

Mesin Pencari Bing Bisa Diandalkan Selain Google
Mesin Pencari Bing Bisa Diandalkan Selain Google

Bing selama ini dikenal sebagai mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Search engine buatan Microsoft ini banyak dipilih karena dari sisi penggunaannya cukup mudah dan latar belakang hariannya begitu indah. 

Bing sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin mencari video terbaik di mesin pencari. Sebelum di play, video bisa kamu pratinjau terlebih dahulu dan suara akan keluar ketika kamu mengarahkan kursor ke arah kontennya. 

Hal menarik dari mesin pencari ini selalu memberikan hadiah dengan sistem poin. Semakin banyak kamu berselancar dan belanja di internet maka kesempatan memenangkan hadiah semakin besar. 

2. DuckDuckGo

Duckduckgo Mesin Pencari Dengan Concern Privasi
Duckduckgo Mesin Pencari Dengan Concern Privasi

Untuk kamu yang menginginkan privasi tetap terjaga saat browsing maka bisa memilih DuckDuckGo. Situs ini tidak akan melacak setiap data kamu sehingga tetap aman dan tidak banyak diketahui publik. 

Bentuk keunggulan lain juga terlihat dari antaramuka yang tergolong bersih. Sebab iklan yang muncul di mesin pencari tergolong minimal sehingga membuat pengguna lebih nyaman saat browsing di situs ini. 

Karena lebih mengedepankan privasi maka index pencariannya bukan dari mesin pencari ini. Mudahnya saat kamu berselancar, setiap data yang diberikan itu diambil dari Bing, Google atau mesin pencari lainnya. 

3. Yahoo

Bagi kamu yang lahir tahun 1.900 an raasanya tidak asing lain dengan mesin pencari Yahoo. Search engine ini sudah ada sejak lama bahkan sebelum Google muncul di internet. 

Namun saat ini mesin pencari ini kalah saing dengan Google dan menempati posisi ketiga di dunia. Di Yahoo tidak hanya ada mesin pencari tetapi menawarkan belanja online, email, berita, permainan dan yang lainnya. 

Mesin Pencari Yahoo Juga Masuk Ke Dalam Segmen Portal Berita
Mesin Pencari Yahoo Juga Masuk Ke Dalam Segmen Portal Berita

Tidak hanya itu itu dari sisi gambar juga lebih baik dari Google dengan kualitas konten yang cukup tajam. Menariknya lagi, mesin pencari ini sudah menjadi dafault di browser Mozilla dan lainnya. 

4. Baidu

Baidu termasuk mesin pencari yang didirikan pada tahun 2000 dan sangat terkemuka di China. 79% pengguna dari penduduk China rata-rata mengguna mesin pencari ini untuk mencari informasi. 

Meski diciptakan di China tetapi Baidu tetap bisa di akses oleh seluruh dunia. Hanya saja situs ini hanya tersedia dalam bahasa Mandarin saja. Sehingga untuk kamu yang tidak bisa bahasa tersebut akan kesulitan saat mengaksesnya.

Sekilas Baidu ini sangat mirip baik dari desain atau tata letak bagian lainnya. Dari segi monetisasi ini menggunakan iklan. Meski terbilang sama tetapi untuk gambar-gambar yang pro demokrasi otomatis di blokir di mesin pencari ini. 

5. Yandex

Yandex termasuk salah satu mesin pencari yang diciptakan di Rusia dan populer di negara asalnya. Rata-rata 45% rakyat Rusia menggunakan mesin pencari ini untuk mengakses informasi. 

Tidak hanya Rusia, situs ini juga populer di negara lain seperti Turki, Kazakhstan dan Ukraina. Kepopuleran ini karena mesin pencari ini dari segi layanan sangat mirip dengan Google. 

Meski sama tetapi ada beberapa perbedaan terutama di bagian antarmuka yang lebih terlihat bersih. Selain itu, Yandex juga membangun produk dan layanan yang cerdas untuk pembelajaran mesin

6. Ask

Sebelum dikenal dengan nama Ask.com, mesin pencari ini dahulu namanya Ask Jeeves. Situs yang didirikan pada tahun 1996 ini formatnya hanay tanya jawab saja. Jadi ada pengguna yang bertanya maka pengguna lain yang menjawab dalam bentuk polling. 

Dengan model seperti ini mesin pencari ini terlihat lebih user friendly dan terlihat lebih menarik. Selain itu, search engine ini sangat cocok untuk para pengguna komputer tua yang kurang kompatibel dengan mesin pencari. 

Selain tanya jawab, fungsi pencarian secara umum juga bisa hanya saja kurang begitu berkualitas. Oleh karena itu, situs ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang ingin jawaban to the point dari setiap informasi yang dicari.

7. AOL

AOL termasuk jenis mesin pencari yang lebih dulu dari yang lain dan muncul di tahun 1985. Situs dengan akronim Amerika Online ini berbasis di New York dan ada berbagai layanan di dalamnya. Layanan tersebut seperti dial-up, portal web, pesan, email dan yang lainnya. 

Hingga saat ini AOL mencakup banyak sekali situs populer seperti engadget.com, huffingtonpost.com dna yang lainnya. Keberadaan situs ini masih ada dan di tahun 2015 silam diakuisisi oleh Verizon Communication. 

Beberapa daftar search engine populer selain Google dari tim Teknotuf.com diatas pernah jaya di zamannya. Bahkan ada juga mesin pencari yang didirikan sebelum Google muncul sebagai raksasa seperti sekarang ini. 

Di sisi lain ada juga yang muncul setelah Google namun tetap kalah saing dari mesin pencari tersebut. Jadi untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman baru maka bisa kunjungi salah satu mesin pencari yang ada di atas. 

Posted by
MSI Editor

Menyukai dunia teknologi. Mempelajari hal baru lewat menulis dan membagikan informasi yang berguna untuk pembaca. Happy reading!

×